Hello, We ar

Creative Agency

Get in Touch
Hello, We ar

Creative Agency

Get in Touch


SOLUSI TERBAIK DIGITAL MARKETING

PKL

Get in Touch

FAQ (Frequently Asked Question)

Sebuah tulisan yang dirancang untuk menjawab pertanyaan terkait website yang sering diajukan atau sebagai halaman bagian khusus dalam website yang menampilkan pertanyaan umum untuk konsumen.

APA FUNGSI FAQ?

Ada banyak fungsi serta manfaat dari FAQ bagi sebuah website, beberapa diantaranya :
  1. Meningkatkan Peringkat SEO
    1. Menampilkan FAQ salah satu cara yang terbaik untuk meningkatkan SEO Anda di search engine.
    2. FAQ bisa membuat konten berkualitas yang dilengkapi dengan kata kunci utama terkait bisnis Anda.
  2. Menjawab Pertanyaan General Konsumen
    1. FAQ membantu Anda untuk menjawab pertanyaan umum yang sering muncul dari audiens.
    2. FAQ secara intuitif juga akan membantu audiens untuk mengikuti alur bisnis dan mendorong mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
  3. Menghemat Waktu
    1. Mengasumsikan bahwa target audiens Anda adalah orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk menjelajahi halaman web Anda.
    2. Tanpa adanya FAQ, mereka akan kesulitan menemukan informasi tentang siapa Anda, apa yang Anda berikan, dan berapa harga produk atau layanan Anda dalam waktu yang terbatas.
  4. Membangun Kepercayaan
    1. Membangun kepercayaan target audiens sangatlah penting agar mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda.
    2. Dan memuat halaman FAQ adalah salah satu langkah terbaik untuk mencapainya.
    3. FAQ juga seringkali dijadikan bagian dari customer support, sekaligus menjadi bukti atas kepedulian Anda terhadap masalah yang dihadapi konsumen.

    Tujuan FAQ (Frequently Asked Question)

    Sebagai sebuah media pembantu bagi pelanggan untuk dapat mengenal produkmu dengan lebih mudah.

    CONTOH FAQ (Frequently Asked Question)

    Setiap perusahaan pasti memiliki beberapa pertanyaan khusus tentang merek, produk, layanan, harga, serta pertanyaan-pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan bisnis.
    Namun ada beberapa pertanyaan standar yang dapat Anda temukan di berbagai website perusahaan, diantaranya adalah :
    • Bagaimana kebijakan pengembalian?
    • Bisakah saya menerima pengembalian uang?
    • Bagaimana cara mengubah pesanan yang sudah saya lakukan?
    • Kapan saya akan menerima pesanan saya?
    • Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak pernah menerima pesanan saya?
    • Apa yang harus saya lakukan jika saya menerima pesanan yang rusak?
    • Bagaimana cara menghubungi perusahaan jika pertanyaan saya tidak terjawab di sini?

    CARA UNTUK MEMBUAT HALAMAN FAQ

    Siap membuat halaman FAQ? Berikut beberapa tips yang patut Anda terapkan:
    1. Kumpulkan Semua Pertanyaan
      1. Kesalahan umum yang sering dilakukan perusahaan adalah membuat daftar pertanyaan yang menurut mereka diinginkan oleh pelanggan.
      2. Dengan kata lain, halaman FAQ yang dibuat tersebut hanya berdasarkan asumsi perusahaan.
      3. Akibatnya, pertanyaan-pertanyaan yang ditulis di FAQ tidak sepenuhnya memuat informasi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.
      4. Cobalah untuk mengumpulkan pertanyaan aktual dari pelanggan melalui survei.
      5. Anda juga bisa menanyakan kepada tim customer service (CS) atau admin terkait masalah yang paling sering muncul dan ditanyakan konsumen kepada mereka.
    2. Berikan Jawaban yang Jelas
      1. Menyusun jawaban FAQ yang jelas, ringkas, mudah dicerna, akurat, dan komprehensif adalah sebuah keharusan.
      2. Jangan lupa juga untuk menghindari detail yang tidak relevan. Ingat, FAQ adalah halaman yang akan dicari pelanggan untuk menemukan solusi atas masalah mereka.
      3. Penjelasan yang berlebihan, bertele-tele, dan tidak relevan malah akan membuat audiens sulit memahaminya.
    3. Pantau dan Perbarui Halaman
      1. Setelah halaman FAQ ditayangkan, Anda harus menganalisis kegunaannya secara teratur untuk mengetahui apakah Anda perlu mengoptimalkannya atau tidak.
      2. Buatlah analisis berbasis data untuk menentukan apakah Anda perlu menambahkan beberapa pertanyaan baru, atau mungkin menempatkan ulang bagian FAQ tersebut di tempat yang lebih mudah diakses pelanggan.

Membimbing dan Mempermudah untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan (Imersa Academy)

PENGUJI UKK | KUNJUNGAN INDUSTRI | KELAS INDUSTRI | GURU TAMU | MAGANG